unsur unsur konseptual nirmana

Mengidentifikasi Unsur-Unsur
Konseptual Nirmana : Elemen Titik

A. Tujuan
Melalui kegiatan pembelajaran ini peserta diklat dapat mengidentifikasi unsur-unsur konseptual nirmana pada elemen titik

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mampu mengidentifikasi unsur-unsur konseptual nirmana elemen titik

C. Uraian Materi
Secara arti kata nirmana dapat diartikan sebagai tidak ada wujud atau tidak ada rupa, hal ini dimaksudkan bahwa nirmana dari semula yang tidak ada / tidak ada rupa kemudian berwujud media rupa untuk memperoleh keindahan. Nirmana dikatakan pula sebagai ilmu keindahan. Pada unsur konseptual nirmana terdiri dari elemen titik, elemen garis, elemen bidang, elemen gempal.

1. Titik
Elemen titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Dari sebuah titik dapat dikembangkan menjadi garis atau bidang. Pada gambar dalam bidang gambar akan berawal dari sebuah titik dan berhenti pada sebuah titik. Secara umum bentuk diartikan titik karena ukurannya yang kecil.Namun pengertian kecil itu sesungguhnya nisbi / bersifat relatif tergantung dibandingkan dengan apa dan ukuran seberapa besar.


Gambar 01. Titik Yang Bersifat Relatif Terhadap Ukuran Bidang

Ciri khas dari elemen titik adalah ukurannya yang kecil dan rautnya sederhana. Karya seni dapat dihasilkan dengan teknik titik-titik. Dalam mengatur titik pada suatu bidang, Saudara bebas menentukan jumlah titik dan alat penyentuh. Tujuan yang diharapkan adalah efek dari percampuran titik-titik tersebut yang akan menghasilkan warna tertentu.

2. Raut titik
Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah. Titik dapat juga beraut bujur sangkar , segitiga dan lain sebagainya.
                                                                Gambar 02. Raut titik
Raut titik tergantung alat penyentuh yang digunakan, atau tergantung bentuk benda yang dibayangkan sebagai titik.

D. Aktivitas Pembelajaran
Dalam kegiatan ini peserta diklat akan melakukan observasi serta eksperimen terhadap ragam raut titik yang hasilkan oleh pelbagai alat gambar / tulis. Bentuk kelompok diskusi setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang. 
1. Buatlah raut titik dengan pelbagai bentuk pada bidang kertas dengan menggunakan alat cap yang Saudara buat/desain bersama kelompok.
2. Alat cap tersebut bisa terbuat dari bahan gabus, kertas karton, batang tanaman, lidi dan lain sebagainya.
3. Gunakan cat warna untuk mendapatkan pola raut titik.
4. Buatlah sedikitnya 5 macam raut titik yang berbeda untuk tiap kelompok.
5. Diskusi dan komunikasikan hasilnya dalam kelompok dan buatlah kesimpulan.

E. Latihan / Kasus / Tugas
Setelah mendapatkan materi tentang elemen titik serta aktifitasnya, sekarang Saudara melanjutkan dengan latihan – latihan berikut ini : 
1. Apa sajakah unsur konseptual pada nirmana ?
2. Apakah yang dimaksud dengan elemen titik ?
3. Apa sajakah yang menjadi cirikhas dari elemen titik ?
4. Raut dari titik apa saja yang Saudara ketahui ? gambarkan !

F. Rangkuman
Dari kegiatan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur konseptual nirmana pada elemen titik materi dapat dirangkum sebagai berikut :
 Elemen titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi.
 Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah dapat pula beraut bujur sangkar , segitiga dan lain sebagainya.
 Ciri khas dari elemen titik adalah ukurannya yang kecil dan rautnya sederhana

G. Umpan Balik dan Tindak Lanjut
Saudara diharapkan untuk mengisi umpan balik dari aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan berikut :
1. Apakah Saudara telah memahami yang dimaksud dengan elemen titik?
2. Apakah Saudara telah memahami raut-raut dari elemen titik ?

H. Kunci Jawaban Latihan / Kasus / Tugas
1. Yang termasuk unsur konseptual pada nirmana adalah elemen titik, elemen garis, elemen bidang, lemen gempal
2. Elemen titik adalah Elemen titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Ciri khas dari elemen titik adalah ukurannya yang kecil dan rautnya sederhana.
3. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah. Titik dapat juga beraut bujur sangkar , segitiga dan lain sebagainya. (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

video:
 

 




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KUMPULAN SOAL-SOAL MULTIMEDIA 1